Jumat, 30 Mei 2014

MOTIVASI KEHIDUPAN


1.    HARAPAN
Ada 4 lilin yang menyala, sedikit demi sedikit meleleh. Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan diantara mereka.
Yang pertama berkata :
“Aku adalah lilin kedamaian, namun manusia tak mampu menjagaku; maka lebih baik aku mematikan diriku saja!” Demikianlah sedikit demi sedikit sang lilin padam.



Yang kedua berkata :
“Aku adalah lilin keyakinan, sayang aku tak berguna lagi. Manusia tak mau mengenalku, untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.




Dengan sedih giliran lilin ketiga bicara :
“Aku adalah lilin cinta, aku tak mampu lagi untuk tetap menyala, manusia tidak lagi memandang dan menganggapku berguna, mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya”. Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah lilin ketiga.
Tanpa terduga...
Seorang anak saat itu masuk ke dalam kamar, dan melihat ketiga lilin telah padam. Karena takut akan kegelapan itu, ia berkata, “Apa yang terjadi? Kalian harus tetap menyala, aku takut akan kegelapan!” Lalu ia menangis tersedu-sedu
Lalu dengan terharu lilin keempat berkata, “jangan takut, janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan ketiga lilin lainnya, “akulah lilin harapan”
Selama anda tidak pernah berhenti berharap, selama itulah api semangat dalam jiwa anda akan terus menyala, menyala dan membara menuju impian anda.


2.    Tujuan hidup
Ada seorang anak muda yang begitu kuat keinginannya untuk berguru kepada seorang bijak. Di tengah perjalanan ia dihadapkan oleh tiga persimpangan jalan, namun ia tidak tahu jalan mana yang akan ia pilih.
Kemudian datanglah seorang tua menghampirinya dan bertanya “sedang apa wahai anak muda?” “Saya sedang bingung memilih jalan di persimpangan ini”, “Memang kamu mau kemana?” “ Kemana saja juga boleh” lalu orang tua itu berkata “Kalau begitu jalan yang mana saja juga boleh.”
Jika anda memiliki keyakinan dan kemauan yang kuat untuk melakukan sesuatu namun tanpa memiliki tujuan yang jelas tentang apa yang ingin anda lakukan maka apalah artinya pekerjaan anda. Begitupun sebaliknya.
Kemauan yang kuat dan tujuan yang jelas adalah sebuah paket yang tidak dapat dibeli secara terpisah, seperti anda membeli sendal jepit, tidak mungkin anda beli sendal jepit sebelah saja.

3.  Berani Mencoba
Kegagalan adalah umpan balik atau kesempatan selanjutnya bagi kita untuk mengulang dengan lebih baik. Ingat! gagal hanyalah peristiwa, anda dan saya tidak pernah gagal, yang gagal hanyalah peristiwanya. Seorang gadis menggoreng tempe hingga gosong, yang gosong adalah tempenya, bukan gadisnya. Kalau ada seorang gadis menggoreng tempe dan gadisnya gosong, maka tidak ada seorang gadis yang mau menggoreng tempe lagi, gagal hanyalah peristiwa.
Yang terpenting adalah jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah SWT dengan bunuh diri karena bunuh diri ketika gagal adalah jalan pintas menuju neraka.
Apakah anda pernah dengar berita tentang seekor ayam yang tewas gantung diri dikandangnya dan meninggalkan tiga orang anak, tidak ada kan? Yang jelas ayam saja yang tidak memiliki akal tidak pernah berputus asa, anda yang punya akal mudah menyerah dan berputus asa, malu dong sama ayam.


4.  Tindakan Nyata
Hidup anda memiliki tiga waktu, yang pertama yaitu hari kemarin; hari yang telah berlalu dan takkan pernah kembali. Yang kedua adalah hari ini; hari yang anda harus manfaatkan sebaik mungkin. Yang ketiga adalah hari esok; hari yang anda tak pernah tahu karena hari esok adalah misteri. Yang terpenting bagi anda adalah sudah memiliki niat dan rencana untuk berbuat kebaikan di hari esok.
Banyak orang yang hidupnya habis untuk berfikir tentang masa lalu, masa lalu yang gagal, akibatnya taut bertindak, masa lalu yang sukses akibatnya lupa untuk berbuat yang lebih sukses.
Bagi kita yang terpenting adalah 10% berbicara masa lalu dan 90% berbicara hari ini dan esok. Namun satu hari ini lebih baik dari sepuluh hari esok. Jangan menunggu esok apa yang bisa anda lakukan hari ini, siapa tahu besok mati, maka berkaryalah sebelum mati.
Satu kata saja yang membedakan antara pemenang dan pecundang yaitu tindakan , seindah apapun impian anda, sebesar apapun harapan anda, dan setinggi apapun cita-cita anda, tidak akan pernah tercapai tanpa adanya tindakan. LANGKAH SERIBU METER DIMULAI DENGAN LANGKAH SATU METER!

1 komentar: